PHK? Apa yang Harus Dilakukan?

Indonesia Satu Manajemen,
10 Mei 2022 - 20:32

Istilah PHK tentu tidak asing untuk para pekerja. Ia disebut sebagai salah satu ancaman yang bakal menghentikan karir. Itu kenapa ketika terkena PHK banyak orang yang kalap dan melakukan apa yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Belum lama ini banyak perusahaan yang harus merumahkan para karyawan. Kondisi tersebut dikarenakan pandemi Corona yang masih mennyerang lebih dari 100 negara. Indonesia termasuk negara yang juga terkena dampak negatif.

Beberapa kebijakan pemerintah mengharuskan pemilik bisnis melakukan perubahan. PHK jadi solusi untuk mempertahankan posisi perusahaan di ketidak stabilan ekonomi seperti sekarang. Pertanyaan yang kemudian muncul apa yang harus dilakukan saat terkena PHK? Berikut sikap yang harus Anda ambil:

Tenang

Mungkin akan sedikit sulit melihat sisi positif dari PHK. Tetapi, ketika Anda bersikap gegabah dan menyalahkan situasi. Pasti memunculkan hal negatif lain. Sehingga hal pertama yang harus dilakukan adalah bersikap tenang. Sebab, tidak ada untungnya juga menyalahkan orang ataupun situasi.

Jangan terpuruk

Usahakan agar diri Anda tetap dalam keadaan stabil. Saat tubuh dan pikiran masih mempunyai sinergi yang sama. Tentu akan bertemu jalan keluar yang lebih baik. Apalagi pemerintah juga mengeluarkan kebijakan untuk mengatasi PHK tersebut. Jadi, ikuti aturannya.

Susunlah strategi

Bersikap tenang dan tidak terpuruk membantu Anda dalam menyusun strategi. Seperti yang sudah diketahui bahwa apapun pasti ada jalan keluarnya. Anda bisa melibatkan istri ataupun orang terdekat untuk memberi usulan.

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp